Sabtu, 03 Maret 2012

Tentang SMAN 1 Mimika (Smansa Timika)


          SMAN 1 Mimika atau sekarang lebih dikenal dengan predikat barunya, SMA RSBI N 1 Mimika. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1991 ini merupakan sekolah menengah atas pertama di kabupaten Mimika. SMAN 1 Mimika berdiri pada tahun 1991 dan pada saat itu sekolah ini bernama SMAN 4 Fakfak karena Timika masih merupakan bagian dari kabupaten Fak-fak.
SMAN 1 Mimika atau sering disebut ‘smansa’ ini juga, merupakan sekolah pertama dan satu-satunya di kabupaten Mimika yang mendapat predikat RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau disingkat RSBI, adalah suatu program pendidikan yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 50 ayat 3, yang menyatakan bahwa Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional. 
Sebagai sekolah pertama dengan awal yang cukup matang, serta predikat RSBI yang didapatkannya, SMAN 1 Mimika boleh dikatakan salah satu sekolah terfavorit di kota Timika.
SMAN 1 Mimika telah banyak memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan potensi SDM Papua khususnya kabupaten Mimika. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa-siswi berprestasi yang berhasil dicetak dari sekolah ini. Sebagai salah satu cita-cita mulianya, SMAN 1 Mimika selalu mengupayakan dan berusaha memberikan seratus persen usaha terbaiknya dalam memajukan potensi putra-putri daerah kabupaten Mimika.
Sekolah ini juga memiliki sebuah motto sederhana dengan dampak yang luar biasa. ‘3S’, Senyum, Sapa, Salam. Tujuan dari motto ini adalah membangun sikap ramah, aman, dan antikekerasan antaranggota SMAN 1 Mimika      . Tidak hanya mencerdaskan di otak, tetapi SMAN 1 Mimika juga berusaha membentuk pribadi-pribadi siswa-siswinya yang tetap menjunjung nilai kesopanan, keramahan, keamanan, dan antikekerasan.
Dengan motto ini, diharapkan seluruh anggota keluarga besar SMAN 1 Mimika dapat terus menerapkannya di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Melekatnya motto ini di dalam hati setiap anggota keluarga SMAN 1 Mimika, akan membentuk perangai-perangai yang baik di setiap siswa-siswinya dan dapat menjadi suatu ikon atau ciri khas yang membedakan SMAN 1 Mimika dengan sekolah-sekolah lainnya.         .
SMAN 1 Mimika memiliki beberapa fasilitas penunjang proses belajar-mengajar dan fasilitas lainnya. Antara lain: 26 ruang kelas(disertai sebuah proyektor per kelas), sebuah musholah, perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium komputer, 4 lapangan olahraga, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kesehatan, ruang badan kesiswaan, ruang waka.sek. kesiswaan, ruang tata usaha, kantin, pos satpam, wc, lahan parkir motor dan 4 mading (majalah dinding).
Dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai, SMAN 1 Mimika selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam mengembangkan potensi  siswa-siswinya, baik dari segi akademik maupun nonakademik. Hal ini terbukti, pada tahun 2002, juara cerdas cermat berhasil dibawa pulang oleh SMAN 1 Mimika dalam acara memperingati hari Proklamasi RI ke-57. Selanjutnya, di tahun yang sama, juara cerdas cermat juga berhasil diraih SMAN 1 Mimika pada lomba yang diselenggarakan Universitas Jembatan Bulan Mimika.
Dalam lomba yang sama di tahun 2009, SMAN 1 Mimika juga berhasil meraih predikat pemenang.  Pada tahun 2007, Irmawati, siswi SMAN 1 Mimika berhasil mendapat juara II di bidang kimia dalam lomba OSN tingkat provinsi. Adalah Hasrini, siswi SMAN 1 Mimika meraih Juara II OSN kimia di tingkat provinsi pada tahun 2010. Masih di tahun 2010, Awaliah yang juga merupakan siswi kebanggaan SMAN 1 Mimika ini, berhasil merebut juara I dalam lomba matematika MSDM Papua.
 Berselang satu tahun, Marhaeni E. Wenno, siswi SMAN 1 Mimika berhasil membawa pulang kemenangannya dengan meraih juara II lomba pidato bahasa Inggris dalam ajang MSDM Papua. Pada tahun 2011, SMAN 1 Mimika juga berhasil meraih juara I lomba cerdas cermat Radar Timika. Itulah beberapa prestasi akademik siswa-siswi SMAN 1 Mimika yang cukup membanggakan.
Prestasi yang membanggakan di sekolah, sudah pasti akan lebih bermakna apabila setiap siswa-siswi berhasil merealisasikannya di kehidupannya setelah tamat sekolah. Inilah yang terlihat apabila kita melirik sekolah menengah atas terfavorit di kabupaten ini. SMAN 1 Mimika, bukan hanya membentuk siswa-siswi berprestasi dalam lingkup sekolah, tetapi juga berhasil mencetak generasi-generasi penerus bangsa, yang berguna bagi tanah air Indonesia, khususnya tanah Papua.[Rain]        










    
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar